Wednesday 21 August 2019

Semua ini tidak mudah

Tidak terasa sudah 2 bulan kami disini. Berada di negara asing, berangkat bareng bersama keluarga. Santai itu hanya di minggu pertama kedatangan, karena pada waktu itu uang saku masih lumayan, belum ada beban kuliah, dan lain-lain.

Lalu kemudian saya mulai dengan aktivitas ngelab. Kenapa ngelab? padahal ngerjakan dari rumah juga bisa, secara kan jurusannya computer science. Jawabanya adalah karena ingin fokus. Namun hal ini tidak mudah bagi suami yang biasanya bekerja sekarang hanya dirumah momong anak. Sungguh aku merasakan bagaimana tertekannya suami. Dan Aira juga mulai tertekan karena tidak punya teman main. Dia sempat protes dengan membantah apa yang kami perintahkan. Dan sedihnya lagi ketika dimarahi, dia nangis sama minta pulang ke Indo. Sedih sekali kalau mengingatnya.

Minggu-minggu berikutnya kami mulai terbiasa menjalani aktifitas ngelab dan momong, namun kendala lain datang yaitu beasiswa yang ga cair-cair padahal sisa uang sudah menipis. Hal ini sebenarnya salahku juga sih, tidak segera lapor dan ngajukan beasiswa waktu pertama kali datang. Kekhawatiran mulai muncul, dan membuat diri ini tertekan. Hingga akhirnya tepat di minggu ke 4 kedatangan beasiswa keluar. Alhamdulillah

Kemudian bulan berikutnya suami mulai bosan, suami mulai bingung mencari kerja. Ini juga membuat suami tertekan. Ternyata cari kerja di sini tidak semudah seperti yang saya tanyakan ke teman-teman. Akhirnya suami dapat kerja loper majalah, 2 kali seminggu dengan gaji 100 dolar lah ya perminggunya. Tapi ini lumayan berat karena harus pake sepeda, bawa barang yang berat di jalan yang naik turun. Kasihan juga aku melihatnya.

Akhirnya kami putuskan untuk beli mobil, alhamdulillah dapat mobil yang harganya miring dengan tahun yang masih baru. Setelah beli mobil, baru nyadar ternyata uang tidak cukup untuk biaya hidup 2 bulan ke depan. Tertekan lagi, stress lagi, depresi lagi. Subhanallah beginilah dukanya sekolah, tantangannya banyak.

Hanya doa yang menjadi harapan "Semoga Allah memberikan kemudahan, memberikan kesabaran pada kami sekeluarga untuk melalui ujian ini". Aamiin

No comments:

Post a Comment