Tuesday 29 June 2010

Machine learning and Bioinformatics Laboratory

Inilah lab di mana aku akan menghabiskan waktuku selama masterku di Taiwan. Beranggotakan sekitar 12 orang, dan aku perempuan sendiri di sini. Internasional studentnya ada 2 aku dan temanku. Bidang yang kami pelajari tentang dimensional reduction, graphical model, SVM, online learning, transfer learning, adaBoost, dll. Bahkan algoritma genetika yang sangat aku sukai, kata profku sudah bukan jamannya lagi. Jadilah aku harus belajar semua hal yang baru.
Kebanyakan temen-temenku sulit berbahasa inggris, dan aku sendiri sulit berbahasa cina. Jadinya, sulitlah terjadi komunikasi antara aku dan teman-temanku. Aku sering ngelab, hampir setiap hari aku ngelab. Aku hanya bisa diam di depan komputer, jarang bicara.
Hampir setiap minggu aku progresss ke professor, sebenarnya rasanya berat. Apalagi dengan beban kuliahku yang berat. Tapi emsng dengan begitu banyak ilmu yang bisa tak dapat.
Baru di akhir semester ke dua inilah, aku mencoba bicara dengan mereka. Dengan bahasa cina yg terbata-bata, aku mencoba untuk komunikasi. ALhamdulillah, akhirnya walaupun hanya sepatah dua patah kata aku bisa komunikai dengan mereka.
Sekarang yang ingin aku lakukan adalah, aku ingin bisa beradaptasi dengan mereka, mengenalkan islam kepada mereka, dan menunjukkan bahwa islam itu adalah agama yang sempurna. Ya Allah berilah aku jalan. Aamiin

No comments:

Post a Comment