Monday 11 July 2011

Kredibilitas Seorang Muslim




Subhanallah beginilah bertemu rasanya bertemu dengan orang shaleh, melihatnya mendengarkan taujihnya semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Sebenarnya ada banyak yang ustadz sampaikan, cuma ini yang bisa aku catatkan di sini.

Kredibilitas seorang muslim (kemampuan yang harus kita miliki)
  1. Kredibilitas rukhi --> hal ini bisa dilihat dari ibadah kita, bagaimana tidak? siapa sih yg kita contoh, yaitu Rasulullah: beliau sholat sampe kakinya bengkak saking khusuknya. Tidak hanya sholat aja tentunya, puasa, dll.
  2. Kredibilitas fikri (kemampuan ilmu) -->Di mana seorang muslim harus berilmu. Di sini, ustadnya bilang, kalo kita beribadah dan berdakwah sedang kita tidak tau ilmunya, maka yang ada adalah dasar kita nafsu. Naudhubillah, tau sendiri kan kalo dasar ibadah adalah nafsu, maka arahnya bukan ke ALlah tapi justru ke syetan.
  3. Kredibilitas amali (kemampuan beramal atau berbuat) -->Jadi seharusnya setiap muslim itu kalo melakukan pekerjaan tidak hanya good atau better, tapi best. Artinya apa? bener2 dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  4. Kredibilitas maali (kemampuan harta) --> Kalo ini sudah, seorang muslim harus kaya.
  5. Kredibilitas istima'i (kemampuan sosial) -->Jadi bukankah sebaik-baik seorang muslim adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain?
Wallahualam bishawab, semoga kita mampu mengamalkan semuanya,

Taipei, 12 Juli 2011

No comments:

Post a Comment