Saturday 29 June 2019

Inilah Biaya yang Harus dikeluarkan Ketika Mengajak Keluarga Kuliah di Australia

Karena teringat dulu waktu rencana kuliah bersama keluarga berapa biaya yang harus tak siapkan? Cari-cari di internet ndak nemu, akhirnya saya tulislah rincian biaya tersebut disini.

Pertama, biaya yang harus disiapkan adalah biaya asuransi. Biaya asuransi ini beda-beda tergantung lama studinya dan tergantung jenisnya (single, couple untuk yang belum punya anak, family untuk maksimal anak 2 kalau tidak salah). Untuk kasus saya, karena saya adalah mahasiswa PhD 4 tahun dengan 1 anak, maka harus bayar yang family untuk 54 bulanan kalau ga salah yaitu sebesar AUD 17.100 = Rp 171.000.000. Besaran itu juga tergantung dengan provider asuransi (OSHC kalau di Australia). Dari membandingkan beberapa provider asuransi, membayar asuransi lewat kampuslah yang menurut saya paling murah karena kita mendapatkan diskon mahasiswa. Kalau diluar yang dari kampus bisa nyampe 200 jutaan. Dalam kasus ini sebanya 3420 aud sudah dibayarkan beasiswa jadi saya tinggal mbayar sisanya sekitar 138 jt.

Kedua, biaya tes kesehatan. Waktu itu saya tes kesehatan di RS Premier surabaya. Untuk yang dewwasa harus pakai foto ronten sehingga biayanya 1.100.000, untuk yang anak-anak dibawah 5 tahun membayar separonya. Jadi total 2 dewasa 1 anak biayanya IDR 2.750.000, biaya ini tentu beda jika jumlah anak bertambah.

Ketiga, tiket pesawat. Waktu otu saya naik Garuda Indonesia, soalnya ini penerbangan yang jauh bagi anak saya pertama kali. Jadi kalau ga nyaman, takut anak rewel. Kelemahannya lebih mahal sih. Waktu itu saya habis 16.400.000, karena ada promo jadinya kena 15.400.000 untuk 3 orang. Anak dibawah 11 tahun hanya membayar 80 persen saja. Untuk tiket ini beda maskapai tentu beda. Sebenarnya ada maskapai Scoot, air asia yang jauh lebih murah sekitar separonya kalau mau hemat.

Ke empat, tempat tinggal. Karena bawa keluarga dengan anak kecil, saya harus memastikan kalau nyampe harus sudah ada tempat tinggal. Jadi saya cari tempat jauh2 hari sebelumnya. Alhamdulillah ada teman yang lagi kuliah disana yang berdia inspekan. Untuk tempat tinggal 1 minggu beserta bondnya saya mengeluarkan 1020 AUD= Rp 10.200.000

Kelima, biaya visa. Biaya visa untuk 1 orang atau 1 keluarga sama saja. yaitu 575 AUD=Rp 5.750.000 beserta tarif kalau pakai CC sekitar 9 dolar kalau ga salah. Karena saya waktu itu bermasalah dengan agen pertama visanya ndak diurus2, saya pindah ke agen kedua, jadinya saya dikenakan biaya jasa pembuatan visa sebesar 1.500.000, jadi total yang saya keluarkan adalah 8.750.000 an tepatnya sudah lupa ya

Keenam, uang tabungan di bank untuk biaya satu tahun. Karena saya ditanggung beasiswa sedangkan anak dan suami belum, jadi harus ada uang dibank untuk jaminan kita disana tidak terlantar minimal dalam 1 tahun. besarannya sudah ditetapkan diwebnya, namun kira-kira sekitar 100 juta lah ya. Kalau saya, karena pas-asan, buku tabungan saya print dulu, baru saya ambil untuk mbayar asuransi.

Jadi, agar lebih aman mungkin kita bisa disiapkan 138 juta+2,75 juta+ 15.5 jt+10,2 jt+ 8,75 jt+100 jt ya sekitar 250 jt an lah insyaAllah cukup.

Bagi yang mau sekolah ke Australia, saya doakan semuga dimudahkan Allah. Aamiin

No comments:

Post a Comment