Tuesday 22 November 2011

Bermasalah dengan LAN

Aku mempunyai sebuah PC dengan dua sisop yaitu WINDOWS dan LINUX. Kenapa pake LINUX, karena aku pengen banget belajar LINUX. Tetapi ada permasalahan. Kabel LAN ku bisa dideteksi di LINUX tetapi tidak terdeteksi di WINDOWS. Ternyata ketika aku ngecek IP ku di windows, tidak ada. Jadi ada kemungkinan driver LAN nya tidak terdeteksi. Trus aku cek saja dengan software Uknown Device Analizer bisa di download di link berikut:

Setelah tak jalankan di situ muncul nama driver yang digunakan oleh komputerku secara detil, termasuk dariver yang tidak terdeteksi. Untuk driver yang tidak terdeteksi ada warna merahnya. Trus kemudian aku mencoba menuliskan nama driverku contoh ‘VEN_10EC&DEV_8168&SUBSYS_E0001458&REV_06’

Ternyata tulisan 10EC dibelakang VEN itu adalah kode vendornya dan 8168 dibelakangnya device itu adalah kode device. Setelah aku mencari di internet ternyata aku temukan driver updater. Trus aku pake saja driver updater tersebut. Aku baru sadar ternyata driver updater tersebut bekerjanya secara online, padahal permasalahanku kan aku tidak bisa koneksi internet gara-gara driver LAN nya tidak terdeteksi. Aku juga tidak punya modem. So sia-sia aku nginstall driver adapter.

Kemudian aku mencoba mencari driver installer yang bisa bekerja secara offline. Kemudian aku temukan 3DP , installernya bisa didapat di sini. Ini aku sedang nginstall 3DP. Trus installernya tinggal dijalankan saja di computer. Alhamdulillah sekarang sudah bisa.

No comments:

Post a Comment