Tuesday 22 November 2011

Mengatasi Beberapa Problem di Oracle

TIPS:

1. TIPS NGINSTALL ORACLE

Disini aku mencoba untuk menginstall oracle express edition 10 g. Jadi kalau anda mempunyai installernya bias langsung klck installernya. Kalau anda belum punya installernya bias langsung download aja di websitenya oracle

2. TIPS MENJALANKAN ORACLE DENGAN SQL DEVELOPER

Pada awalnya aku merasa kesulitan ketika menjalankan sql developer soalnya ada pesan error “the program cannot start because MSCVR100.dll is missing from your computer”. Aku bingung, soalnya ketika aku cari aku menemukan file MSCVR100.dll ada di beberapa direktori di java jdk. Setelah beberapa aku nyari ternyata baru aku temui kalau kesalahanku adalah aku memakai jdk 1.7 padahal yang dikenali adalah jdk 1.6. Jadi cara mengatasinya adalah anda harus menginstall jdk 1.6 dulu. Sebenarnya anda bisa jdk 1.7 tetapi anda harus mengcopy file MSCVR100.dll dari jdk 1.7 ke dalam directory dimana sqldeveloper.conf berada

3. TIPS MENGIMPORT DMP FILE

Beberapa hari terakhir ini aku bermasalah dengan proses mengimport dmp file ke dalam database oracle. Sebenarnya sudah banyak website yang aku kunjungi, tetapi ternyata tidak berhasil. Trus Alhamdulillah akhirnya hari ini aku sudah bisa mengimport dmp file ke dalam database oracle dengan cara yang sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

a. Copy dulu file dmp ke dalam directory dimana file imp.exe berada biasanya ada di BIN nya oracle. Kebetulan kalau di punyaku ada di “C:\oraclexe\app\oracle\product\10.2.0\server\BIN”

b. Habis itu jalankan aplikasi imp yang ada di dalam directory BIN tersebut.

c. Ketika ada pertanyaan username: , masukkan username dimana anda akan meletakkan data anda ke dalam database kemudian tekan enter. Tentunya username ini adalah username penggunak database yang sudah anda create sebelumnya.

d. Ketika ada pertanyaan password: , masukkan password untuk username yang sudah anda masukkan kemduan tekan enter.

e. Setelah itu masukkan nama file .dmp yang ingin anda import.

f. Setelah itu masukkan alokasi space, misalnya 1000000

g. Setelah itu aka nada pertanyaan-pertanyaan berikutnya anda tinggal menjawab dengan yes atau no sesuai dengan kebutuhan anda

No comments:

Post a Comment